HOTLINE : +6221 2921 3877
     

News & Articles List

8 Tips Dekorasi Rumah dengan Nuansa Ramadhan

8 Tips Dekorasi Rumah dengan Nuansa Ramadhan

Ramadan adalah bulan yang sangat spesial bagi umat Islam di dunia. Di bulan Ramadhan semua umat Islam yang tengah menjalakan ibadah puasa juga sekaligus menjadikan momen ini sebagai waktu bukan sekadar untuk menjaga hawa nafsu tapi juga merefleksi diri, meningkatkan spiritualitas dan ketakwaan, serta menambah pahala.

Oleh karena itu, untuk semakin membangun suasana Ramadan di rumah, ada baiknya Anda juga menambahkan sejumlah elemen yang bisa mempercantik dekorasi ruang yang pas untuk merayakan Ramadan bersama seluruh anggota keluarga hingga sebulan ke depan.

1. Siapkan Rumah Sebelum Didekorasi

Tips dekorasi rumah yang pertama, sebelum memulai mendekorasi beberapa bagian rumah dengan nuansa Ramadan, terlebih dulu bersihkan seluruh bagian rumah agar lebih mudah ditata. Dekorasi sebagian dinding atau lemari dengan elemen Ramadan yang bisa Anda dapatkan dari mencetak gambar atau huruf bernuansa Islami.

Namun ingat, seminggu sebelum datangnya Idul Fitri, Anda bisa memasang elemen atau dekorasi lain yang lebih ‘wah’ untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri.

2. Tambahkan Dekorasi Lampu

Ramaikan suasana rumah dengan menambahkan atmosfer Islami. Di beberapa negara yang penduduknya mayoritas Muslim, seperti Mesir, menambahkan ornamen lampu pada beberapa bagian rumah merupakan tradisi untuk menyambut Ramadan. Anda pun bisa meletakkan lampu dengan desain khas Timur Tengah untuk menambah suasana Ramadan semakin hidup di dalam rumah. Letakkan lampu-lampu dekorasi tadi di teras rumah, ruang tamu, dan ruang makan.

3. Ciptakan Nuansa Ramadan Setiap Hari

Jika memiliki dana lebih, Anda bisa berbelanja sedikit barang untuk menambah dekorasi rumah dengan nuansa Ramadan semakin nyata. Misalnya, membeli sarung bantal atau stoples-stoples cantik untuk menyimpan kue kering bernuansa Maroko. Agar nuasan Ramadan semakin semarak, Anda pun bisa menambah elemen tertentu di ruang makan atau dapur. Seperti membeli taplak meja berhiaskan gambar masjid atau ketupat.

4. Tata Kurma di Piring Saji

Selama Ramadan, sangat mudah mendapatkan buah kurma. Namun belilah kurma dengan kualitas terbaik agar manfaat dari buah kurma dapat Anda rasakan saat berbuka bersama keluarga. Nah, agar suasana berbuka semakin hangat dan menyenangkan, tata kurma di atas beberapa buah piring saji ukuran kecil. Lalu letakkan di beberapa tiitk di atas meja makan dan meja ruang tamu atau ruang keluarga, beberapa saat sebelum waktu berbuka.

5. Libatkan Si Kecil dalam Mendekorasi

Ajak si kecil untuk terlibat menciptakan kreasinya dalam mendekorasi rumah bernuansa Ramadan . Misalnya, membuat gambar masjid dari kertas krep warna-warni, atau huruf-huruf kaligrafi yang menyiratkan perayaan Ramadan. Ajak si kecil menempelkan hasil karya di dinding kamar tidurmya, lemari bajunya, atau meja belajarnya. Agar si kecil juga menjadi semakin rajin berdoa dan tertantang untuk mencoba belajar puasa.

6. Siap Sambut Idul Fitri

Salah satu hal yang juga paling menyenangkan dari Ramadan adalah menyambut Hari Raya Idul Fitri. Ajak seluruh anggota keluarga untuk ikut terlibat dalam menyambut Idul Fitri. Selain berbelanja kebutuhan pangan untuk membuat aneka hidangan di Hari Raya, Anda pun bisa sekaligus berbelanja beberapa hal untuk mendekorasi beberapa ruang yang biasa dipakai di Hari Raya.

Seperti ruang tamu dan ruang makan untuk menyambut tetamu saat open house . Belilah gorden, taplak meja, atau perangkat makan baru agar suasana Hari Raya semakin segar dan hangat.

7. Tebarkan Cinta & Kasih Sayang

Momen Ramadan dan Idul Fitri merupakan saat yang tepat bagi kita semua untuk tidak lupa berbagi dengan sesama. Tidak harus selalu menyisihkan dana lebih untuk berbagi, Anda bisa membuat sendiri kue atau masakan istimewa untuk berbuka atau saat Hari Raya Idul Fitri. Bagikan kepada mereka yang mungkin tidak mampu membeli bahan makanan lebih bagi keluarganya, agar mereka pun bisa ikut merayakan Idul Fitri bersama Anda.

8. Tampilkan Tradisi Ramadan & Lebaran di Rumah

Setiap keluarga tentu memiliki tradisinya masing-masing dalam menyambut momen Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Ada yang menjaga tradisi melalui suguhan makanan, ada pula yang tetap melakukannya lewat ritual lain. Namun intinya, dengan tetap menampilkan sisi tradisi yang dianut, Ramadan dan Idul Fitri mendatang Anda tetap merasa sedang berada di tengah-tengah keluarga besar. Ini penting, terutama bagi mereka yang saat menjalankan Ramadan tinggal berjauhan dengan keluarga.

 

Sumber Artikel: tabloidnova.com

Sumber Gambar: google