Segenap Karyawan dan Manajemen CitraLake Sawangan Mengucapkan Selamat Menajalankan Ibadah Puasa
HOTLINE : +6221 2921 3877
     

News & Articles List

Lebaran: Tips Mengajarkan Si Kecil Makna Saling Memaafkan

Lebaran: Tips Mengajarkan Si Kecil Makna Saling Memaafkan

Untuk anak usia 13 tahun ke bawah, dan terutama di rentan 4-10 tahun, peran dan dukungan orangtua sangatlah penting untuk mengajarkan si kecil makna saling memaafkan. Agar lebih mudah, berikut ini beberapa tips mengajarkan si kecil arti saling memaafkan dengan memanfaatkan momen idul fitri:

Jadilah contoh dan terangkan alasannya

Anak kecil mudah menyerap apa yang ia lihat dan dengar, lalu menirukannya. Contohkan pada si kecil bagaimana saling memaafkan dimulai dari kamu dan suami. Jika ia melihat ayah ibunya bermaaf-maafan, mungkin si kecil akan bertanya-tanya alasannya, bahkan menanyakan langsung. Manfaatkan momen ini untuk menjelaskan secara rinci, masuk akal, dan sederhana makna saling memaafkan. Tidak perlu berharap mereka segera paham, biarkan mereka tahu dulu, dan mengerti lewat proses.

Jika anak tampak sulit meminta maaf, beri ia waktu

Hal ini berlaku untuk seterusnya. Beberapa anak cenderung sulit meminta maaf, dan juga memaafkan. Ubah kebiasaan tersebut dengan menanamkan pengertian dan memberinya waktu menyadari pentingnya makna saling memaafkan. Dengan merasa dibebaskan, mereka juga akan belajar esesnsi saling memaafkan dengan tulus dan benar-benar mengupayakannya karena dorongan tanggung jawab.

Semangati dan tumbuhkan empatinya

Jika mereka menolak minta maaf, jangan dipaksa apalagi dimarahi. Semangati mereka dengan senyuman dan tumbuhkan empatinya. Misalnya dengan mengatakan ibu bangga dengan kebaikan yang telah dilakukan si kecil (beri juga contohnya), dan alangkah lebih baik jika kebaikan itu dilengkapi dengan keinginan meminta maaf. Sisipkan juga hal-hal yang bisa membuatnya berempati terhadap orang lain sehingga lekas terdorong untuk mengakui kesalahan, juga saling memaafkan.

Beri mereka wawasan lebih baik

Lewat film dengan pesan moral yang mereka tonton, dongeng yang kamu ceritakan, hingga tulisan di secarik kertas berisi kata maaf, semuanya akan memberikan mereka pemahaman lebih mengenai makna saling memaafkan.

Dengan mengetahui bagaimana pemahaman mereka terhadap kata maaf sesuai usianya, akan sangat membantu mengajarkan si kecil cara-cara tepat  menumbuhkan sikap saling memaafkan. Mulailah di hari yang fitri ini, dan berlakukan hingga seterusnya.

 

Sumber Artikel: gladisco.lintas.me

Sumber Gambar: google