Kenali 5 Fasilitas yang Ada di Rumah Ramah Lingkungan

Konsep rumah ramah lingkungan tidak hanya populer di negara-negara besar seperti di Benua Eropa dan Amerika Serikat. Konsep seperti ini juga mulai marak di Indonesia dan mulai diterapkan di beberapa cluster perumahan terbaik. Rumah ramah lingkungan juga dilengkapi dengan fasilitas yang juga tidak berbahaya bagi lingkungan dan mengedepankan konsep hemat energi. Lantas, apa saja fasilitas yang umum digunakan? Berikut ulasannya.

Menggunakan Cat yang Ramah Lingkungan

Rumah yang baik tentu menggunakan cat yang baik pula dalam mempercantik interior maupun eksterior rumah. Akan tetapi, cat yang baik masih belum tentu ramah lingkungan. Oleh karenanya, jika Anda ingin menerapkan konsep rumah ramah lingkungan, maka pilihlah cat dengan memiliki sertifikasi green label.

Cat yang sudah memiliki sertifikat tersebut bisa dikatakan sangat aman. Sebab, bahan yang digunakan sudah diuji melalui proses dan standar tertentu serta ramah lingkungan. Dengan begitu, cat yang digunakan pun tidak menggunakan bahan kimia berbahaya dan aman untuk keluarga Anda terutama untuk anak-anak.

Kloset dengan Fitur Eco Washer

Fasilitas rumah ramah lingkungan tidak hanya sekadar berkaitan dengan penghematan energi semata. Lebih dari itu, semua aspek harus diperhatikan. Termasuk pula fasilitas yang ada di kamar mandi Anda. Ada banyak fasilitas kamar mandi ramah lingkungan yang dapat diterapkan. Di antaranya dengan memasang kloset dengan fitur eco washer.

Adapun keunggulan dari penggunaan kloset dengan fitur eco washer ini antara lain untuk menutup toilet dengan perlahan. Dengan begitu akan mengurangi suara bising. Selain itu sistem semprotan airnya mudah digunakan dan dapat diatur dalam kondisi tertentu sehingga dapat menghemat air dalam rumah Anda.

Biological Septic Tank

Menyambung dari poin di atas, pengolahan limbah dalam lingkungan perumahan menjadi perhatian khusus, baik bagi para penghuni maupun developer pembangun perumahan tersebut. Jika limbah tidak ditangani dengan baik, maka akan menimbulkan masalah baru. Mulai dari munculnya bau tak sedap hingga potensi penyakit yang muncul.

Oleh karena itulah, pada perumahan ramah lingkungan seringkali dilengkapi dengan biological septic tank. Melalui sistem ini, limbah yang berasal dari rumah tangga dapat diubah menjadi cair, khususnya untuk limbah padat. Sistem ini akan membuat toilet Anda tidak mampat dan dapat menghindarkan lokasi perumahan dari bau tak sedap tersebut.

Adanya Lubang Biopori

Berikutnya dalam menciptakan rumah ramah lingkungan harus memperhatikan saluran air yang ada. Saluran air ini dapat dilihat dengan adanya lubang biopori yang bisa dibuat di halaman rumah minimalis dalam cluster perumahan. Fungsi lubang biopori tidak lain untuk menyerap kapasitas air di area rumah Anda. Terlebih lagi pada waktu musim penghujan.

Adanya serapan yang tidak sempurna akan menciptakan kubangan di sekitar rumah. Bahkan kemungkinan terburuknya adalah terjadinya banjir. Kubangan tersebut juga bisa digunakan sebagai sarang nyamuk demam berdarah. Maka dari itulah, dengan adanya lubang biopori ini meminimalisir risiko terburuk yang akan terjadi di musim penghujan.

Menggunakan Panel Surya

Mengenai energi terbarukan, saat ini memang menjadi isu yang paling ramai dibicarakan di dunia. Mengingat penggunaan bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi mulai mengalami penurunan drastis. Maka dari itu, diperlukan usaha dalam menanggulangi hal tersebut. Salah satunya adalah menggunakan panel surya.

Tidak hanya pada lingkungan industri saja, rumah ramah lingkungan pun bisa menggunakan panel surya sebagai penghasil energi listrik. Dengan memasang panel surya dapat menekan biaya listrik konvensional. Tidak hanya berdampak pada lingkungan saja, melainkan berdampak pada perekonomian penghuninya. Sebab, kelebihan energi listrik dari panel surya ini nantinya dapat Anda jual kembali.

Rumah ramah lingkungan memang penting untuk Anda pilih dalam mendapatkan hunian yang nyaman dan sehat untuk keluarga. Salah satu hunian yang dapat Anda pilih dan memenuhi kriteria di atas adalah CitraLake Sawangan yang dalam pembangunannya mengusung konsep Eco Culture untuk pembangunan berkelanjutan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai CitraLake Sawangan, dapat menghubungi tim marketing melalui nomor 021 2921 3877 WA 085959393000.

Kategori Berita